PERSIAPAN TRIP KOREA


Korea Selatan saat ini memang sangat populer di kalangan traveler, ibu-ibu, maupun anak-anak muda karena virus “Korean Wave” yang mendunia. Mulai dari K-drama yang menjadi favorit para remaja, mak emak hingga kakek nenek, plot cerita, seting yang menarik serta jumlah episode yang terbilang sedikit membuat banyak yang tertarik menontonnya, hingga stasiun-stasiun TV pun turut menayangkannya. Lain lagi musik K-pop yang sudah mendunia jadi kegemaran para remaja –bahkan saya yang sudah kerja dan bukan remaja lagi- dengan fans fanatiknya hampir di seluruh dunia.
Pemerintah Korea saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan promosi wisata ke Korea Selatan, bukan hanya Seoul dan Busan, daerah seperti Gyeonggi dan Gangwon pun turut dipromosikan dengan maksimal.
The Great Gwanghwamun

Teman-teman syantiikku dengan hanbok
Nah, untuk persiapan wisata ke Negeri Ginseng tidak segampang ke negeri tetangga seperti Malaysia ataupun Singapura. Perlu persiapan yang matang, tidak bisa mencari penginapan langsung disana, tidak bisa mencari tiket dalam waktu dekat. Belum lagi urusan visa, jangan lupa Pemerintah Korea mewajibkan warga Indonesia yang ingin memasuki negaranya dengan visa.

Pertama, tentukan tanggal keberangkatan, pada musim apa. Karena berbeda musim berbeda pula atraksi wisata yang disajikan alamnya. Berbeda juga pakaian yang harus disiapkan. Jangan sampai membeli tiket pesawat untuk bulan januari namun tidak mempersiapkan jaket tebal /Padded coat, wah bakal tersiksa liburan kalian karena tak punya jaket. Atau misal berencana wisata pada bulan April tidak perlu membawa jaket terlalu tebal, yang ada malah koper penuh (dan berat) karena jaket.
(sumber : http://gayahidup.dreamers.id/article/39159/menyambut-musim-semi-dengan-festival-bunga-sakura-terbesar-di-korea-selatan)
 (sumber: http://www.liburansari.com/2016/12/musim-gugur-saat-terbaik-berkunjung-ke.html)

(sumber : https://www.bnbhero.com/en/tours/583?currency=KRW)

Berikutnya, carilah tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal yang ditentukan. Biasanya maskapai penerbangan sering mengadakan promo pada saat travel fair. Jika anda sedang beruntung, maka bisa mendapatkan promo pesawat full service dengan harga LCC. Atau lebih gampang cek promo-promo pesawat LCC seperti Air Asia yang sangat ‘rajin’ memberikan promo kursi gratis. Silahkan cek traveloka, skyscanner, utiket atau apapun web langganan anda. Kadang maskapai bisa memberi harga sangat murah, dengan trik memilih tiket KL-Seoul/ KL- Busan dulu yang biasanya lebih murah bisa sampai 2.000.000 PP, baru membeli tiket ke Malaysia. Atau tiket connecting langsung dari Indonesia. Biasanya bisa didapat dengan harga kurang dari 4 jutaan. Rajin-rajinlah mencari promo setiap hari, sekitar 8 bulan sebelum keberangkatan.

 

Skyscanner.co.id

Setelah dapat tiket mulailah mencari hotel. Sekarang, dengan banyaknya aplikasi pencari tiket dan hotel memudahkan semuanya. Saya biasanya menggunakan booking.com, airbnb.com maupun agoda.com dan berbagai aplikasi lainnya. Namun ada hal penting yang perlu dilakukan sebelum memilih hotel, yaitu kota mana yang ingin anda kunjungi. Sehingga bisa direncanakan pemesanan hotel anda. Misalkan anda terbang ke busan, lalu ingin ke mount Seorak baru ke Seoul. Maka dapat direncanakan berapa hari pemesanan tempat menginap di masing-masing kota. Nah, untuk wilayah seoul sendiri biasanya para traveler sering memilih area Hongdae, Sinchon, Ehwa, City Hall, Jongno ataupun Gangnam. Area tersebut sering dipilih para traveler karena berdekatan dengan atraksi wisata, tempat shopping, maupun area downtown yang populer.
Sedikit tips, jika anda memilih area kumpulan para kawula muda dengan banyaknya cafe, fashion store murah dan tempat-tempat makan, maka pilihlah hongdae, ehwa atau sinchon. Area tersebut berdekatan dan merupakan area kampus sehingga sangat banyak toko-toko dan tempat makan murah, termasuk penginapan dengan harga murah. 

Area Hongdae
Jika ingin dekat dengan tempat wisata maka pilihlah City Hall ataupun Jongno, area tersebut dekat dengan area pemerintahan, perkantoran, Istana-istana,Bbukchon Hanok Village maupun Insadong (seperti pasar seni dan barang khas Korea). Nah lain lagi jika anda ingin merasakan sensasi menginap di area downtown, siapa yang tidak mengenal Gangnam, kalau anda mengejar artis-artis (atau oppa-oppa ganteng), ingin merasakan tinggal di area eksklusif, pilih saja Gangnam.
·         Pilihan type tempat menginap pun beragam. Jika budget anda lumayan tebal dan ingin tempat tinggal yang nyaman, pilihan hotel sangat beragam, bisa juga memilih guest house yang berbentuk seperti tempat tinggal tradisional korea. Namun, jika budget anda terbatas –seperti saya hehe- harus rajin mengulik aplikasi pencari hotel dengan baik (dan penuh strategi). Ada banyak hostel atau guest house (bukan hotel yaa) yang menyediakan kamar nyaman dengan harga murah, pilih tipe kamar (double, triple, family atau dorm). Untuk kamar dorm harganya jauh lebih miring tapi fasilitas kamar mandi biasanya besama (share), bukan private bathroom. Pengalaman saya menyewa kamar kurang lebih 250.000 per hari (kalau tidak salah ingat).
·         Lalu pilihlah hotel yang lokasinya bagus, misal dekat dengan tempat wisata, tempat makan terkenal, yang paling penting dekat dengan stasiun subway. Lokasi strategis dapat membantu mengurangi pengeluaran anda (sangattt).
·         Jangan lupa cari hotel dengan review score yang bagus, artinya hotel ini disukai customer. Kalau bisa pilih yang diatas 8. Tapi bukan berarti yang nilainya 7 kurang recomended, sudah lumayan bagus kok.
·         Fasilitas lain yang perlu dipertimbangkan adalah tersedianya breakfast, dapur umum, mesin cuci, free wifi, heater maupun tempat parkir. Waktu itu saya beruntung mendapatkan guest house dengan semua fasilitas tambahan yang GRATISSSS. Luar biasa bukan?


Setelah dapat tempat menginap, mulailah sambil merencanakan itinerary kasar-kasaran dengan bantuan dari internet tentunya. Bacalah blog-blog pengalaman wisata korea sebanyak-banyaknya. Cari juga info tempat wisata dari kementrian pariwisata korea, bisa kunjungi visit korea untuk mendapatkan gambaran wisata disana. Bertanya sebanyak-banyaknya (asal nggak ngerepotin orang). Kumpulkan peta subway, bus, dan peta wisata. Pelajari dengan baik. Jika anda memahami peta tersebut DIJAMIN tidak akan nyasar di Seoul. Karena Korea Selatan itu seperti yang anda bayangkan. Asalkan anda pintar mengalokasikan waktu maka perjalanan anda akan sesuai dengan rencana (kalo pengen contoh itin saya nanti ya saya upload belakangan mungkin).
Hal penting lainnya adalah visa. Justru ini yang paling penting. Percuma jika anda sudah memesan semuanya, sudah siap kopernya tapi visa belum keluar, bahkan ditolak. Gagal sudah perjalanannya. Oleh karena itu sangat harus diperhatikan masalah ini. Untuk pengalaman membuat visa yang saya alami akan ada di post lainnya. (ditunggu aja).
Hal terakhir yang penting adalah perkirakan keperluan bagasi anda. Jika anda menaiki pesawat full service tidak perlu khawatir. Asalkan bagasi tidak melebihi 23 kg dan bagasi kabin tidak lebih dr 7 kg (atau koper ukuran small) anda aman. Jika anda memilih pesawat LCC  maka harus diperhitungkan bakal perlu berapa banyak, karena anda harus menambah biaya bagasi lagi. Dulu saya berangkat dengan LCC, karena koper saya diisi baju cuma setengahnya, sisanya sengaja saya isi dengan makanan bekal, sehingga bisa diisi dengan hasil belanjaan dan oleh-oleh untuk pulangnya. Saya menambah bagasi 5kg (kalo tidak salah) saat berangkat.
Oh ya, bekal sangat diperlukan. Seperti lauk / side dish kering seperti abon, kering tempe, snack, dll. Apalagi bagi kamu yang bukan pecinta makanan korea alias lidah Indonesia. Tidak perlu repot masalah nasi karena disana dijual nasi instan yuang hanya perlu dihangatkan, minimarket di korea juga menjual telur masak/mentah. Untuk masalah pengalaman makan saya di Korea juga akan saya bahas di laman berbeda.
Hal terakhir, ini yang paling penting. Pilihlah teman yang klop. Jangan memilih teman yang ribet jika anda suka pergi dengan simple apalagi backpacking. Tapi pilihlah teman yang detail, baik dalam merencanakan maupun saat di lapangan. Itu perlu agar kamu tidak kerepotan sendirian. Pilih yang asik dan tidak cerewet. Anda tidak mau kan trip anda justru jadi berantakan karena berantem/ berselisih pendapat?
Nah segitu dulu persiapan trip Korea yang diperlukan. Semoga bermanfaat. Kalau bingung silahkan bertanya, saya siap membantu😉




Komentar

Postingan Populer